Disable Preloader

Profil LSP SMK Hasanah Pekanbaru

Profil LSP SMK Hasanah Pekanbaru

SMK Hasanah Pekanbaru berdiri pada tahun 1998, dibawah naungan Yayasan Amil Hasanah Pekanbaru. Pada awal berdirinya SMK Hasanah Pekanbaru membuka 5 Program Keahlian yaitu Mekanik Otomotif, Mesin Perkakas, Instalasi Listrik, Elektronika Komunikasi dan Gambar Bangunan, didalam perjalanannya ternyata SMK Hasanah Pekanbaru bisa diterima oleh masyarakat dengan banyaknya siswa yang mendaftar pada saat itu.

Pada tahun 2005, SMK Hasanah pertama kalinya diakreditasi oleh Badan Akreditasi Sekolah Provinsi Riau dan berhasil mendapat Akreditasi B (Baik). Pada tahun ini juga dibuka Program Keahlian Baru yakni Teknik Komputer dan Jaringan, seiring perkembangan waktu maka pada tahun 2006 SMK Hasanah mendapatkan program bantuan Re-engineering, dimana SMK Hasanah dituntut harus bisa melihat ke depan peluang dan program keahlian apa yang sangat dibutuhkan dan diminati di masa yang akan datang, setelah melakukan survey dan penelitian yang seksama, maka program keahlian yang dibutuhkan ke depan adalah program Teknologi Informasi dan Komunikasi, oleh karena itu program keahlian yang kurang diminati harus ditutup.
Sejalan dengan perkembangan SMK Hasanah yang semakin pesat, pada tahun 2008 SMK Hasanah berhasil mendapatkan Sertifikat Quality Management System ISO 9001:2000 dari SAI Global dan pada tanggal 15 Juli 2008 sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Pembinaan SMK Jakarta dengan No. 3084/CS.3/Kep/KU/2008 bahwa SMK Hasanah Pekanbaru Ditetapkan sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Saat ini Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Hasanah, telah terakreditasi dengan Nilai Amat Baik (A) sesuai dengan Surat Keputusan dari Badan Akreditasi NAsional (BAN) Nomor 362/BAP-SM/KP-09/X/2011 dan meraih sertifikat System Manajemen Mutu ISO 9001:2008 dari SAI Global, Pada tahun 2014 SMK Hasanah Pekanbaru membuka Kompetensi Keahlian Perawatan Kesehatan yang kini berubah nama menjadi kompetensi keahlian Asisten Keperawatan.

Melihat tingginya minat siswa yang tidak tertampung pada Program akuntansi di SMK negeri, maka pada tahun 2016 SMK Hasanah membuka Kompetensi Keahlian akuntansi untuk menampung aspirasi siswa tersebut. Pada tahun 2017 untuk pertama kalinya Kompetensi keahlian keperawatan mengikuti akreditasi dan meraih akreditasi A, dilanjutkan pada tahun 2018 SMK Hasanah melaksanakan akreditasi ulang untuk jurusan yang telah habis masa berlaku akreditasinya, yaitu Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor, Teknik Komputer dan Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak, Multimedia dan Akuntansi, dan berhasil meraih predikat Akreditasi A (Unggul) untuk 6 (enam) program keahlian tersebut.

Sejalan dengan perkembangan bahwa siswa wajib sertifkasi dengan INPRES No 8 tahun 2016 maka SMK Hasanah Membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi adalah Lembaga pendukung BNSP yang bertanggung jawab melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi. LSP SMK Hasanah Pekanbaru dibentuk dengan surat keputusan kepala sekolah dengan SK no …./tanggal  …   yang disahkan oleh BNSP melalui SK lisensi nomor …./tanggal….. LSP SMK Hasanah beralamatkan Jalan Cempedak No. 37 Pekanbaru. LSP mempunyai tugas mengembangkan standar kompetensi, melaksanakan uji kompetensi, menerbitkan sertifikat kompetensi serta melakukan verifikasi tempat uji kompetensi.

Dalam melaksanakan tugas dan fungsi LSP mengacu pada pedoman yang dikeluarkan oleh BNSP, untuk menjamin agar Lembaga sertifikasi menjalankan system sertifikasi pihak pertama secara konsisten dan professional, sehingga dapat diterima di tingkat nasional yang relevan demi kepentingan pengembangan sumber daya manusia dalam aspek peningkatan kualitas dan perlindungan tenaga kerja.

Share:
Top